Home Biduan Lirik Artikel Internasional Orkes Indeks
img_title
Pemuda Sinarmas

Pemuda Sinarmas

Jakarta, 1 Januari 1970

s/d

Sekarang
solo

Baru Rilis!

Dengarkan sekarang di spotify

JagoDangdut - Muhammad Fajrin Tio, atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Pemuda Sinarmas, adalah seorang musisi dan DJ asal Jakarta, Indonesia. 

Ia dikenal sebagai pionir cassette jockey (CJ) di Indonesia, yaitu seorang DJ yang menggunakan kaset pita sebagai media untuk memainkan lagu-lagunya.

Ajis, panggilan akrabnya, mulai menekuni profesi sebagai CJ sejak tahun 2015. Ia terinspirasi dari para DJ kaset di luar negeri, seperti Nu Mark dan DJ Format. 

Ajis juga menyukai lagu-lagu lawas, sehingga ia memutuskan untuk memadukan kedua hal tersebut dalam penampilannya.

Perjalanan Karier

 

img_title
Pemuda Sinarmas
Foto :
  • Instagram/pemudasinarmas

 

Pertunjukan CJ pertama Ajis digelar pada tahun 2016 di sebuah pesta perpisahan sekolah. 

Pertunjukan tersebut sukses besar dan membuat Ajis mulai dikenal oleh publik. Sejak saat itu, ia mulai sering tampil di berbagai acara, mulai dari festival musik hingga acara-acara pribadi.

Ajis dikenal piawai dalam meramu lagu-lagu dari berbagai jenis genre menjadi satu mixtape yang menarik dan asyik untuk didengarkan. 

Ia sering menggabungkan lagu-lagu lawas Indonesia dengan lagu-lagu modern, sehingga menghasilkan perpaduan yang unik dan segar.

Pada tahun 2020, Ajis merilis single pertamanya berjudul "Kebut Asmara". Single tersebut sukses besar dan menjadi salah satu lagu hits di Indonesia. 

Sejak saat itu, Ajis telah merilis beberapa single lainnya, seperti "Hayalan dan Luka" (2023), "Titik Balik" (2022), dan "Mimpi yang Sama" (2023).

Ajis telah menjadi salah satu DJ yang paling populer di Indonesia. Ia telah tampil di berbagai acara musik besar, seperti Synchronize Fest, Java Jazz Festival, dan We The Fest. 

Ia juga telah berkolaborasi dengan berbagai musisi ternama, seperti Dipha Barus, Ramengvrl, dan Rendy Pandugo.

Pada tahun 2023, Ajis dinobatkan sebagai salah satu dari 100 orang paling berpengaruh di Indonesia versi majalah Forbes. 

Ia juga menjadi salah satu artis yang mewakili Indonesia di ajang musik internasional, seperti South by Southwest (SXSW) dan Tokyo Music Market.

Kisah Awal Mula Ajis Menjadi DJ Kaset

 

img_title
Pemuda Sinarmas
Foto :
  • Instagram/pemudasinarmas

 

Ajis bercerita bahwa ia mulai tertarik dengan musik kaset sejak kecil. Ia sering mendengarkan musik kaset milik ayahnya, yang merupakan seorang kolektor musik. Ajis juga sering melihat ayahnya memainkan musik kaset di rumah.

Ketika menginjak usia remaja, Ajis mulai belajar memainkan musik kaset secara otodidak. Ia membeli beberapa alat DJ kaset dan mulai berlatih di rumah. Ajis juga sering menonton video tutorial DJ kaset di internet.

Pada tahun 2015, Ajis memberanikan diri untuk tampil sebagai DJ kaset di sebuah pesta perpisahan sekolah. Pertunjukan tersebut sukses besar dan membuat Ajis mulai dikenal oleh publik.

Filosofi Ajis dalam Bermusik

Ajis mengatakan bahwa ia ingin membawa musik kaset kembali ke masa kejayaannya. Ia percaya bahwa musik kaset memiliki nilai dan estetika yang unik.

Ajis juga ingin menunjukkan bahwa musik kaset bisa dinikmati oleh semua orang, dari berbagai generasi. Ia sering menggabungkan lagu-lagu lawas Indonesia dengan lagu-lagu modern dalam penampilannya.

Pencapaian Ajis sebagai DJ Kaset

Ajis telah meraih banyak pencapaian sebagai DJ kaset. Ia telah menjadi salah satu DJ yang paling populer di Indonesia. Ia juga telah tampil di berbagai acara musik besar, baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Pada tahun 2023, Ajis dinobatkan sebagai salah satu dari 100 orang paling berpengaruh di Indonesia versi majalah Forbes.

Ia juga menjadi salah satu artis yang mewakili Indonesia di ajang musik internasional, seperti South by Southwest (SXSW) dan Tokyo Music Market.

Ajis adalah sosok yag inspiratif bagi banyak orang. Ia membuktikan bahwa dengan kreativitas dan kerja keras, siapa pun bisa meraih sukses.

Ia juga menjadi salah satu pelopor yang membawa musik kaset kembali ke masa kejayaannya.

Biografi

Nama Lengkap: Muhammad Fajrin Tio

Nama Panggung: Pemuda Sinarmas

Asal : Jakarta

Biduan
Buka Dikit