Home Biduan Lirik Artikel Internasional Orkes Foto Indeks
img_title

Beniqno

Medan, 11 November 1974
s/d
Sekarang

Riwayat - Beniqno Muhammad Aquino merupakan penyanyi dangdut dan artis terkemuka yang namanya telah menyita perhatian publik sejak tahun 1998. Nama Beniqno cukup terkenal di eranya tahun 90-an. 

Lahir di Medan, Sumatera Utara, pada tanggal 11 November 1974, Beniqno mengukir namanya dalam industri hiburan Indonesia dengan menyuguhkan karya-karya bergenre pop Minang dan dangdut.

Karier Musik

Beniqno memulai langkahnya dalam dunia seni dari lomba model di kota Padang, Sumatera Barat. 

Meskipun awalnya harus menghadapi kesulitan meyakinkan produser rekaman akan kemampuannya berbahasa Minang, namun ia berhasil menembus pasar musik dengan lagu-lagu pop Minang yang menjadi ciri khasnya.

Selain menjadi penyanyi lagu minang Beniqno dikenal sebagai salahsatu penyanyi dangdut pria paling populer di Indonesia. 

Karier bernyanyi dangdut Beniqno berawal dari keterlibatannya menjadi model video klip penyanyi dangdut Indonesia seperti Elvy Sukaesih, Camelia Malik, Iyeth Bustami.

Saat itu ia dipercaya untuk menjadi host tunggal di salahsatu ajang pencarian bakat penyanyi dangdut populer Indonesia bernama Kontes Dangdut Indosiar (Kondangin) pada tahun 2005-2006.

Beniqno meluaskan kariernya sebagai salah satu penyanyi dangdut pria paling populer di Indonesia. 

Keputusannya untuk beralih ke dunia dangdut terbukti tepat, dan ia berhasil bersaing dengan penyanyi-penyanyi muda era 2000-an.

Prestasi gemilang Beniqno dalam dunia musik dangdut tercatat dengan meraih penghargaan sebagai Artis Solo Pria Dangdut Kontemporer Terbaik pada AMI Awards tahun 2011 dan 2013.

Pada tahun 2013 Beniqno kembali dipercaya oleh stasiun televisi Indosiar sebagai salahsatu pengisi acara ajang pencarian bakat penyanyi dangdut D'Academy atau dikenal dengan DA. 

Kali ini Beniqno tidak terlibat sebagai host lagi melainkan menjadi salah satu juri bersama sejumlah penyanyi dangdut lainnya seperti Rita Sugiarto, Iis Dahlia, Inul Daratista, Zaskia Gotik dan Saipul Jamil.

Karier Akting

Karier akting Beniqno bermula saat terpilih menjadi bintang iklan di salah satu televisi.

Dari situ namanya mulai banyak dikenal dan job untuk menjadi model, bintang video klip, serta bermain peran dalam sinetron-sinetron.

Beniqno terlibat dalam beberapa sinetron, seperti Mawar Sejati Mawar Berduri, Anak Ajaib, Panji Manusia Millenium, dan masih banyak lagi. 

Belum lama ini, Beniqno Aquino juga mencuri perhatian sebagai karakter antagonis di FTV, Pintu Berkah.

Dalam meniti kariernya sebagai model, Beniqno banyak mendapatkan bimbingan dari Itang Yunasz, Ratih Sanggarwati dan beberapa orang bintang senior lainnya.

Kehidupan Pribadi

Beniqno mengganti namanya menjadi Muhammad Aquino setelah memutuskan menjadi mualaf saat dirinya duduk dibangku SMP, dan tetap menggunakan nama lahirnya sebagai nama panggung. 

Sebelum terjun sukses ke dunia hiburan tanah air, Beniqno pernah merasakan menghidupi diri sendiri di ibu kota dengan bekerja menjadi sales asuransi dan pemeran figuran.

Nama Beniqno sempat muncul lantaran isu kedekatan dirinya dengan aktor senior bernama Krisna Mukti dan banyak yang mengira bahwa mereka merupakan pasangan gay yang telah menikah di Amsterdam Belanda.

Namun isu tersebut dibantahnya, ia mengatakan kalau dirinya dengan Krisna Mukti sama-sama berada dalam 1 management artis yang sama.

Ia juga menunjukkan paspornya yang belum pernah melakukan perjalanan kemanapun.

Biodata

Nama Panggung: Beniqno Muhammad Aquino

Nama Panggilan: Beniqno

Tempat, Tanggal lahir: Medan, 11 November 1974

Agama: Islam

Pekerjaan: Aktor, Penyanyi

Diskografi

Bungo Larangan

Kumbang Batali

Ratok Pasaman

Filmografi

Sinetron

Mawar Sejati Mawar Berduri (1998-1999)

Anak Ajaib (1999-2000)

Panji Manusia Millenium (1999-2001)

Titip Rindu Buat Ayah (1999-2001)

Boneka Poppy (2000-2001)

Jinny oh Jinny (2000-2001)

Kun Fayakun (Bintang Tamu) (2018)

Tangis Kehidupan Wanita (Bintang Tamu) (2018)

Rahasia Hidup (Bintang Tamu) (2018)

Menembus Mata Bathin The Series (Bintang Tamu) (2019)

Oh Mama Oh Papa (Bintang Tamu) (2019)

Firasat (Bintang Tamu) (2019)

Jodoh Wasiat Bapak (Bintang Tamu) (2019)

Jodoh Wasiat Bapak Babak 2 (Bintang Tamu) (2021)

FTV

Akan Kujaga Istriku (2015)

Kisah Nyata: Istri Sekarat Suami Malah Minggat (2017) sebagai Dion

Pintu Berkah: Derita Gadis Piatu Menuju Jalan Sukses (2023)

Penghargaan

Artis Solo Pria Dangdut Kontemporer Terbaik (AMI Awards 2011)

Artis Solo Pria Dangdut Kontemporer Terbaik II (AMI Awards 2013)

 

Biduan
Buka Dikit