Home Biduan Lirik Artikel Internasional Orkes Foto Indeks
img_title

Faul Gayo

Aceh, 25 Mei 1996
s/d
Sekarang

Riwayat - Fauzul Abadi, atau yang lebih dikenal sebagai Faul LIDA alias Faul Gayo, merupakan seorang penyanyi dangdut kenamaan Tanah Air. 

Namanya mulai dikenal banyak publik usai berhasil menjuarai Liga Dangdut Indonesia (musim 2), ditayangkan di salah satu stasiun televisi swasta.

Perjalanan Karier 

Faul dikenal banyak publik usai menjadi peserta Liga Dangdut Indonesia 2019 yang berhasil meraih posisi sebagai pemenang. Ia juga berhasil menyabet dua penghargaan sekaligus, yakni sebagai Duta Provinsi Pria Terfavorit dan Duta Provinsi Terfavoritn hasil pilihan penonton yang disampaikan melalui jaringan media sosial.

Sebelum mengikuti ajang pencarian bakat tersebut, Faul sempat tampil di berbagai acara, meng-cover lagu, dan memenangkan berbagai lomba menyanyi, seperti juara pertama di acara Festival Lagu Aceh. 

Bukan hanya itu, Faul juga pernah menjadi Wakil 1 Duta Wisata usai memenangkan Bujang Gayo 2018 di Kabupaten Bener Meriah.

Kemudian, Faul pindah ke Jakarta setelah dibawa oleh Pemerintah Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah. Faul lantas memutuskan berada di Jakarta untuk melanjutkan pendidikannya serta berkarier di dunia musik. Kemudian, Faul pun tergabung dalam Sanggar Pegayon Jakarta.

Di akhir 2019, Faul kembali berkompetisi di tingkat Asia yaitu di D'Academy Asia 5 yang di selenggarakan di salah satu stasiun televisi swasta.  Tak disangka, Faul kembali menjadi juara di ajang tersebut dan mengalahkan Randa LIDA yang berasal dari negaranya sendiri, dan Hannah Precillas dari Filipina.

Kehidupan pribadi

Fauzul Abadi berasal dari Kampung Bener Pepanyi, Permata, Bener Meriah, merupakan anak kedua dari delapan bersaudara. Kedua orang tuanya telah meninggal dunia ketika Faul masih usia kecil. Ia kemudian hidup bersama kakak, abang, dan keluarga lainnya. Faul mempunyai latar belakang pendidikan S2 di bidang Manajemen Hospital dari Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Biodata

Nama lengkap: Fauzul Abadi

Nama panggung: Faul Gayo/ Faul LIDA

Tempat, tanggal lahir: Bener Meriah, Aceh, 25 Mei 1996 

Agama: Islam

Pendidikan: Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pekerjaan: Penyanyi

Instagram: @faul.gayo19

Single

Bersinar Dalam Jiwa (2019)

Ramadan Berkah ft. Lesti Kejora, Selfi, Rara, Putri, Aulia, Fildan & Reza (2020)

Kambing Hitam (2022)

Panggilan Cinta ft. Selfi (2023).

Biduan
Buka Dikit