Home Biduan Lirik Artikel Internasional Orkes Foto Indeks
img_title

Aulia DA

Pontianak, 17 Februari 1998
s/d
Sekarang

Riwayat - Aulia, penyanyi dangdut kelahiran 17 Februari 1998, merupakan salah satu penyanyi dangdut muda yang berbakat dan berprestasi. Ia telah meraih banyak penghargaan, baik di dalam maupun luar negeri.

Aulia mulai dikenal saat menjadi juara ketiga ajang pencarian bakat D'Academy 4 pada tahun 2018. Ia kemudian kembali meraih juara ketiga dalam ajang D'Academy Asia 3 pada tahun 2019.

Kehidupan pribadi

Kisah kehidupan Aulia sebelum dikenal oleh masyarakat luas ternyata berasal dari lingkungan keluarga yang kurang mampu. Sejak usia dini hingga mencapai kelas 3 SD, Aulia dibesarkan oleh seorang ayah yang bekerja sebagai pemulung.

Latar belakang pekerjaan ayahnya membuat Aulia sering menjadi sasaran ejekan dari teman-temannya di sekolah. Meskipun demikian, meskipun masih berusia anak-anak, Aulia berhasil menjaga keteguhan hatinya dan tidak terpengaruh oleh perlakuan buruk teman-temannya.

Bakat bernyanyi Aulia menjadi berkah bagi dirinya, mendapatkan pengakuan dan penghormatan dari para guru di sekolahnya. Meskipun masih duduk di bangku sekolah dasar, Aulia sering diwakili sekolahnya dalam berbagai lomba bernyanyi.

Kehidupan sederhana dan sikap bersyukur selalu dijalani oleh keluarga Aulia, tidak pernah mengeluh meskipun awalnya ayahnya hanya seorang pemulung.

Seiring waktu, sang ayah berhasil beralih profesi menjadi buruh angkut pelabuhan di kota Pontianak dan menjadi penampung barang bekas. Melalui usaha ini, keluarga Aulia mampu membangun rumah dari kayu dan papan.

Aulia sendiri dikenal sebagai anak yang sederhana dan rajin menabung untuk memenuhi kebutuhannya. Saat mengikuti audisi D'Academy 4 di Indosiar, ia bahkan menggunakan uang tabungannya untuk menunjukkan bakatnya dalam bernyanyi.

Hasilnya, Aulia berhasil membuktikan arti sejati dari perjuangan dan memberikan inspirasi kepada banyak orang melalui kisah hidupnya.

Karier

Aulia mulai dikenal saat menjadi juara ketiga D'Academy 4 pada tahun 2018. Ia kemudian kembali meraih juara ketiga dalam ajang D'Academy Asia 3 pada tahun 2019.

Setelah itu, Aulia mulai mengembangkan kariernya di dunia musik dangdut. Ia telah merilis beberapa single solo, antara lain "Bintang Terindah", "Cinta Tak Bertuan", "Mahar", dan "Surgaku".

Selain bernyanyi, Aulia juga terjun ke dunia akting. Ia telah membintangi beberapa judul FTV, antara lain "Pintu Berkah Spesial Ramadan: Sepenggal Kisah Gadis Nelangsa Berhati Mulia", "Pintu Berkah Spesial Ramadan: Sujud Terakhir Ibuku Di Tanah Suci", dan "Pintu Berkah: Lika-Liku Perjuangan Buruh Angkut Pasar Yang Berhasil Jadi Sarjana".

Aulia juga pernah menjadi juri dalam ajang Bintang Pantura 5 pada tahun 2022. Ia juga pernah menjadi pembawa acara dalam beberapa acara televisi, antara lain Hot Issue Pagi, Hot Kiss, dan Akademi Sahur Indonesia 2022.

Nominasi dan penghargaan

Pada tahun 2023, Aulia dinominasikan dalam kategori Artis Solo Pria/Wanita Dangdut Kontemporer Terbaik dalam Anugerah Musik Indonesia untuk lagunya yang berjudul "Mahar".

Biduan
Buka Dikit