Andika Mahesa

Lampung, 21 Mei 1983
s/d
Sekarang

Riwayat - Andika Mahesa, yang memiliki nama lengkap Mahesa Andika Setiawan, lahir pada tanggal 21 Mei 1983 di Bandar Lampung, Lampung. Ia dikenal sebagai vokalis dari grup musik Kangen Band, yang telah membesarkan namanya dalam dunia musik Indonesia. Andika juga dikenal dengan julukan "Babang Tamvan".

Karier Musik

Pada tahun 2005, Andika bergabung dengan Kangen Band setelah ditunjuk oleh Dodhy sebagai vokalis. Band ini terbentuk pada 4 Juli 2005 dan terdiri dari Andika, Dodhy, Tama, Lim, Bebe, dan Izzy. Album pertama mereka dirilis pada tahun 2007 dan dengan cepat mendapat perhatian publik berkat lagu-lagu yang easy listening.

Pada tahun 2012, Andika memutuskan untuk keluar dari Kangen Band dan mencoba peruntungan sebagai solois. Namun, pada tahun 2014, ia kembali bekerja sama dengan Dodhy untuk membentuk band Kangen.Lagi, meski band ini akhirnya bubar di tahun yang sama akibat konflik internal.

Andika kembali bergabung dengan Kangen Band pada awal 2016. Pada Oktober 2021, ia menciptakan lagu "Cabut Tuduhan Mu", dan pada Juni 2022, ia merilis single solo berjudul "Terhukum Rindu", yang liriknya ditulis oleh Anji Manji.

Kontroversi dan Masalah Hukum

Karier Andika tidak lepas dari kontroversi dan masalah hukum. Pada tanggal 11 Maret 2012, Andika bersama anggota Kangen Band lainnya ditangkap atas tuduhan pemakaian narkoba. Andika dan Izzy ditahan, sementara anggota lainnya bebas dari tuduhan.

Selain itu, Andika juga pernah terlibat dalam kasus pemukulan pada tahun 2010 dan kasus perceraian dengan istri pertamanya, Ade Bunga. Pada bulan Desember 2010, Andika digugat cerai oleh istrinya dengan alasan tidak lagi memberikan nafkah lahir dan batin. Perceraian ini disertai dengan rumor perselingkuhan yang dilakukan oleh Andika.

Pada awal tahun 2011, Andika terbukti mengonsumsi ganja dan harus menjalani rehabilitasi. Setelah dua bulan rehabilitasi, ia ditahan di Rumah Tahanan Cabang Salemba pada bulan Mei 2011.

Kehidupan Pribadi

Andika telah menikah lima kali. Pernikahan pertamanya dengan Ade Bunga berakhir dengan perceraian pada tahun 2011. Ia kemudian menikah dengan Chairunnisa pada tanggal 9 Februari 2013, dan memiliki tiga anak: Maesa Nura Bintang Chandika, Maesa Cahaya Mentari Chandika, dan Maesa Galang Bumi Chandika. Namun, pernikahan ini juga berakhir dengan perceraian pada tanggal 9 Januari 2018.

Pada tanggal 31 Januari 2024, Andika menikah dengan Ayu Kartika Agustina.

Biodata Andika Mahesa

  • Nama Lengkap: Mahesa Andika Setiawan
  • Nama Panggilan: Andika Kangen Band, Babang Tamvan
  • Tanggal Lahir: 21 Mei 1983
  • Tempat Lahir: Bandar Lampung, Lampung, Indonesia
  • Orang Tua: Suprapto (Ayah), Susilawati (Ibu)
  • Pekerjaan: Penyanyi, Musisi, Aktor
  • Genre Musik: Pop Melayu
  • Tahun Aktif: 2005–sekarang
  • Label: Wahana Studio's
Ngintip Yuk