Beberapa Alasan Kenapa Musik Dangdut Dekat Dengan Isu Politik - JagoDangdut

Beberapa Alasan Kenapa Musik Dangdut Dekat Dengan Isu Politik

Ilustrasi Nonton Konser
Sumber :
Share :

JagoDangdutMusik dangdut kerap kali dikaitkan dengan isu politik di Indonesia. Salah satu alasannya adalah dangdut memiliki akar yang kuat dalam budaya masyarakat kelas menengah dan bawah, yang sering menjadi target kampanye politik.

Dalam perkembangannya, dangdut memiliki kedekatan yang erat dengan politik. Hal ini sudah terjadi sejak lama dan masih ada hingga saat ini. Berikut beberapa alasan kenapa musik dangdut dinilai sangat dekat dengan isu politik.

Alasan Musik Dangdut Dekat Dengan Politik

Konser Partai
Foto :
  • google.com

Musik dangdut di Indonesia memiliki akses yang sangat luas. Popularitas dangdut bisa menjangkau berbagai macam kalangan. Sehingga para pelaku politik kerap memanfaatkan dangdut sebagai sarana menjangkau pemilih.

Musik dangdut juga bisa dijadikan sebagai media kampanye politik, sejak orde baru, dangdut telah dijadikan alat kampanye politik. Praktik ini terus berlanjut hingga menjadi tradisi hingga saat ini.

Dalam musik dangdut pun memiliki pesan sosial dan kritik. Dangdut juga sering menjadi media mengekspresikan aspirasi masyarakat. Mereka sering menghadirkan pesan-pesan kritik terhadap kondisi Indonesia.

Share :
Berita Terkait